Bukti Tuhan Ada

Rabu, 27 Mei 2009 komentar

Kemarin seorang teman meminta bantuanku untuk menjawab pertanyaan temannya (seorang dari agama lain; seorang Germann), “Apa buktinya kalau Tuhan itu ada?”. Aku bingung dan tidak tahu bagaimana menjawabnya, ahirnya kukatakan pada temanku itu kira-kira seperti ini, “Aku tak dapat membuktikan keberadaan Tuhan, tapi jika engkau tidak percaya adanya Tuhan, dapatkah engkau membuktikannya?”

Kukatakan juga pada temanku sebagai jawabanku, “karena ada atau tidaknya aku tidak bisa membuktikan, maka aku memilih percaya bahwa Tuhan itu ada. Paling tidak aku bisa mempercayai bahwa selama ribuan tahun orang-orang bijaksana telah mempercayainya dan aku lebih percaya pada keyakinan mereka”.

Mungkin jawabanku tidak memuaskannya, dan sangat mungkin salah. Tapi hanya itu yang bisa kukatakan sebagai jawabanku.

Aku jadi terpikir sesuatu, dalam sejarah peradaban umat manusia adakah peradaban yang tidak meyakini adanya Tuhan ataupun Dewa?


::.gambar dari sini

komentar

Posting Komentar